aa

...SEMOGA INFORMASI YANG ANDA BACA DAPAT BERMANFAAT UNTUK ANDA DAN ORANG LAIN...

Jumat, 08 April 2011

PEMBAHASAN MINGGU  KE-2
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK


Java
Java Logo.svg
Paradigma: OOP
Muncul Tahun: 1990-an
Perancang: Sun Microsystems
Sistem pengetikan: kuat, statis









      Sebelum memasuki tahap pengoprasian dalam program java sebaiknya kita harus mengetahui apa itu JAva, apa manfaatnya dan hal-hal apa saja yang harus di perhatikan dalam mengoprasikan Java.
.

Java ialah sebuah bahasa pengaturcaraan berorientasi objek yang dibangunkan oleh James Gosling dan rakan-rakan sekerjanya di Sun Microsystems pada awal 1990-an. Tidak seperti kebiasaan bahasa pengaturcaraan lain yang direka bentuk untuk dikompil kepada kod mesin ataupun diterjemah terus dari kod sumber semasa masa jalanan, Java dikhaskan untuk dikompil kepada kod bait (ia boleh juga dikompil kepada kod mesin menggunakan gcj), yang mana ia akan dilaksanakan (biasanya menggunakan kompilasi JIT (just in time)) oleh Mesin Maya Java (JVM).

Kelebihan

  • Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan

  • OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

  • Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya
  • Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kekurangan

  • Program java sangat sensitif apabila salah memasukan huruf dalam program maka programnya tidak berjalan (EROR)
  • Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
  • Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data
  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal).  
Wikipedia(java). google.com

Ok sekarang kita masuk kedalam Program Java....
sebelumnya saya mengucapkan terimaksaih kepada Bpk. Asep Ramdhani M.,S.Kom yang telah memberi materi java dalam mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objaek di Ubhara jaya.
materi peartama apa itu objek ?
Objek Merupakan hasil dari Class yang sudah di buat.
Class Merupakan sebuah cetakan untuk membuat Objek.
Pablik Class pertama untuk membuatcetakan atau judul kelas (ruang penyimpanan).

Membuat Class.
contoh class rumah
buka program java anda dan tulis seperti berikut ini...

  //latihan pertama
   public class rumah
{
  //buat method static meja
   public static void main ( )
{
   System.out.printin("ada meja");
}
  //method jam dinding
  void jamdinding ( )
{
  System.out.println (" ada jam dinding ")
}
}

lalu di save, dan
Jangan lupa save as type : java (*.java). dengan nama rumah.*java.
Lalu di compile dengan cara meng-klik menu TOOLS, EXTERNAL TOOLS, COMPILE JAVA / Ctrl+1 (utk menampilkan program yang dibuat benar atau salah).



Latihan kedua....

Mengetahui mana Static & non-Static
Static merupakan objek yang dapat memangil dirinya sendiri tanpa meminta bantuan.
sedangkan non-Static merupakan kebalikan dari static.
Fungsi static itu merupakan fungsi yang tidak memerlukan method (metode) untuk pemanggilan data atau atribut. kalo Fungsi non-static itu memerlukan method untuk memanggil data atau atribut.

contohnya  lihat si program di bawah ini....

//latihan kedua
public class isirumah
{
public static void main (String [ ] args)
{
rumah . meja ( ) ; // memangil method meja pd class rumah
rumah panggil = new rumah ( ) ; // buat objek
panggil.jamdinding ( ) ; // memangil method jamdinding
}
}

lalu di save, dan Jangan lupa save as type : java (*.java). dengan nama isirumah.*java.
Lalu di compile dengan cara meng-klik menu TOOLS, EXTERNAL TOOLS, COMPILE JAVA / Ctrl+1 (utk menampilkan program yang dibuat benar atau salah).


dan hasilnya (outputnya) setelah di
klik menu TOOLS, EXTERNAL TOOLS, RUN JAVA APPLICATION / CTRL+2.....

ada meja
ada jam dinding

keterangan :
yang berwarna merah = STATIC
yang berwarna Hijau = non- STATIC




Latihan Tugas !

1. Buat sebuah class sepeda sengan fungsi non-statis:
   -Pedal
   -Ban
   -Gear
   -Speed
   -Rem
2. Buat Class Sepeda Beraksi untuk memangil fungsi-fungdi pada class sepeda.

  Pertama, kita harus menentukan class.
// latihan tugas
public class sepeda
{
//method pedal
  void pedal ( )
{
    system . out .println ( " pedal " )
}
//method ban
   void ban ( )
{
    system . out .println ( " ban " )
}

//method gear
   void gear ( )
{
    system . out .println ( " gear " )
}

//method speed
   void speed ( )
{
    system . out .println ( " speed " )
}

//method rem
   void rem ( )
{
    system . out .println ( " rem " )
}

seperti contoh print scr sibawah.







Lalu di compile dengan cara meng-klik menu TOOLS, EXTERNAL TOOLS, COMPILE JAVA / Ctrl+1 (utk menampilkan program yang dibuat benar atau salah).



Selanjutnya membuat Class Sepaeda Beraksi.
klik New
//latihan tugas
public class sepedaberaksi
{
   Public static void main ( String [ ] args )
{
 sepeda panggil : new sepeda ( ) ; //buat objek
 pangil . pedal ; //memangil method pedal
  pangil . ban ; //memangil method ban
  pangil . gear ; //memangil method gear
  pangil . speedl ; //memangil method speed
  pangil . rem ; //memangil method rem

seperti contoh print scr di bawah.




 
Jangan lupa save as type : java (*.java). dengan nama sepedaberaksi.*java.
Lalu di compile dengan cara meng-klik menu TOOLS, EXTERNAL TOOLS, COMPILE JAVA / Ctrl+1 (utk menampilkan program yang dibuat benar atau salah).

Apabila HTML yang kita masukan benar maka akan memunculkan tampilan seperti di bawah ini pada lembar kerja yang di kerjakan.



tampilan ini ada pada bagian bawah worksheet. 


lalu utk melihat hasil dari program yg tlah di jalankan, klik menu Tools, External Tools, RUN JAVA APPLICATION / CTRL+2.


.....selesai ...

Demikin pemahaman dari materi hari selasa 05 april 2011.
semoga kalian dapat mencobanya diruma semoga sukses...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar